SOLAR SYSTEM BOARD: MEDIA UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN
MEDIA UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan sebuah pondasi awal untuk mempersiapkan pendidikan jenjang
selanjutnya. Terdapat 6 aspek perkembangan yang harus distimulasi kepada anak, salah satunya
adalah aspek perkembangan bahasa. Bahasa merupakan sarana alat komunikasi yang bisa berupa
lisan, tulisan, maupun isyarat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
solar system board (papan tata surya) terhadap kemampuan berpikir simbolik, dan pengaruh media
solar system board terhadap aspek perkembangan bahasa dalam kemampuan mengenal huruf anak
usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi terhadap pendidik dan dokumentasi.
yang dilakukan di TK Izzatul Islam komplek Mendalo Mas. Simpulan dari penelitian ini adalah media
solar system board dapat menjadi salah satu solusi atas permasalahan media yang dapat menstimulasi
perkembangan aspek bahasa anak. Khususnya dalam kemampuan mengenal huruf anak. karena media
ini memiliki komponen huruf serta bola-bola planet yang bervariasi sehingga dapat meningkatkan
motivasi anak dalam proses belajar mengajar.