PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF ANAK USIA DINI MELALUI CERITA BERGAMBAR DITAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Pemikiran kreatif pada anak memiliki peranan penting terhadap pola pemikiran anak kedepannya. Seorang anak yang memiliki pemikiran kreatif akan dapat menciptakan inovasi-inovasi baru .Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi pembinaan pendidikan anak usia dini melalui metode dan media pembelajaran yang dapat neningkatkan pemikiran treatif pada anak usia dini. Penelitian ini perlu dilakukan karena masa tersebut anak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Usia dini adalah masa emas(golden age),oleh karena itu masa tersebut harus diperhatikan dengan baik karena sangat berpengaruh terhadap tumbuh dan kembang anak. Pendidikan anak usia dini perlu mempraktekan metode pembelajaran yang menyenangkan. Oleh karena itu,peran pendidikan anak usia dini sangatlah penting. Penelitan ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu memberikan penjelasan terhadap masalah yang dikaji dan pengumpulan data menggunakan metode study pustaka yaitu mengumpulkan berbagai sumber yang dapat memperkuat hasil penelitian yang dilakukan. Metode pembelajaran yang sesuai karakteristik anak perlu diperhatikan. Keterampilan berpikir kreatif juga perlu diperhatikan sejak anak usia dini agar anak memiliki pembiasaan untuk berpikir kreatif. Melalui pembelajaran dengan media cerita bergambar ditaman kanak kanak akan menumbuhkan pemikiran kreatif pada anak,karena semakin sering seorang anak melihat suatu gambar anak akan terbiasa untuk memberikan pandangan dan tanggapan terhadap gambar yang dilihatnya. Hal ini dapat menjadi dorongan agar seorang anak memiliki pemikiran yang kreatif. Dengan berpikir kreatif seorang anak dapat menciptakan dan mengembangkan sesuatu yang baru. Oleh karena itu,pendidikan usia dini dan media yang digunakan dalam pembelajaran sangat diperlukan dalam proses tumbuh dan kembang anak usia dini.