KORELASI AKTIVITAS FISIK DAN POLA MAKAN DENGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

  • Wiwiek Sumayni Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Rivo Panji Yudha Program Pasca Sarjana Magister PAUD, Universitas Panca Sakti

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk memahami bagaimana dan mengapa pembiasaan aktivitas fisik anak dan pola makan berpengaruh terhadap kognitif anak-anak Usia Dini di BA Al Jannah Ruhul Islam, diawali dengan memahami alasan pengelola melakukan pembiasaan aktivitas fisik bagi anak, baik yang terprogram maupun dalam bentuk bermain bebas, kemudian memahami alasan pengelola. Populasi penelitiannya adalah semua siswa BA Al Jannah yang dengan total 132 orang. Sampel penelitian ditetapkan 50 siswa. Pengambilan sample menggunakan Purposive sampling atau judgenmental sampling yang merupakan cara penarikan sample yang dilakukan memilih subyek berdasarkan kriteria spesifik yang ditetapkan peneliti berdasarkan ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya dengan pertimbangan bagaimana tipe pola asuh anak dan lingkungan dimana anak tinggal. Dari hasil analisis data terhadap 50 responden , disimpulkan bahwa Hasil menunjukkan bahwa secara total terdapat pengaruh yang signifikan dan bernilai positif aktifitas fisik terhadap kognitif dengan nilai P-Value 0,010<0.05. Hasil5menunjukkan bahwa secara total terdapat6pengaruh yang signifikan dan bernilai positif aktifitas fisik terhadap pola makan dengan nilai P-Value 0,000<0,05. Hasil5menunjukkan bahwa secara total terdapat6pengaruh yang signifikan dan bernilai positif pola makan terhadap kogniif dengan nilai P-Value 0,000<0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara aktifitas fisikĀ  dan pola makan terhadap kognitif dengan nilai R-Square sebesar 0,783 dan pengaruh pola makan aktifitas fisik terhadap pola makan dengan nilai R-Square 0,777.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-12
How to Cite
SumayniW., & YudhaR. (2024, February 12). KORELASI AKTIVITAS FISIK DAN POLA MAKAN DENGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. Al-Fitrah (Jurnal Kajian Pendidikan Anak Usia Dini), 3(1), 21-34. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/fitrah.v3i1.6518

STATISTICS

Abstract viewed = 97 times