MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan adalah untuk mengetahui kondisi awal kemampuan berpikir kritis anak-anak kelompok B usia 5-6 tahun, untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran berbasis STEAM dalam kegiatan pembelajaran dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui metode pembelajaran berbasis STEAM pada kelompok usia 5-6 tahun di KB Taman Belia Asy-syifa kota Bandung Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek anak kelompok usia 5-6 tahun di KB Taman Belia Asy-syifa Bandung berjumlah 12 orang anak. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi. Kegiatan dilaksanakan dalam 2 siklus, disetiap siklusnya terdiri dari 2 tindakan, dengan tahapan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat ditetapkan bahwa kemampuan berpikir kritis pada anak-anak kelompok usia 5-6 tahun di KB Taman Belia Asy-syifa Bandung mengalami peningkatan. Peningkatan terjadi pada semua indikator, untuk indikator mengidentifikasi masalah dari nilai rata-rata siklus kesatu dan siklus kedua peningkatan sebesar 13,3%, indikator mengumpulkan informasi yang relevan peningkatannya sebesar 10,4%, indikator menyusun sejumlah alternative pemecahan masalah peningkatan sebesar 25% dan indikator mengungkapkan pendapat mengalami peningkatan 10,4%. Metode pembelajaran STEAM yang digunakan telah berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis di KB Taman Belia Asy-syifa untuk usia 5-6 tahun.