INTEGRASI FILSAFAT STOIKISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM UNTUK PENGUATAN KETAHANAN PSIKOSPIRITUAL GENERASI MILENIAL
Abstract
Perkembangan zaman modern yang ditandai dengan kemajuan teknologi dan dinamika sosial yang cepat membawa tantangan psikologis dan spiritual yang kompleks bagi generasi milenial. Fenomena stres, kecemasan, dan krisis moral menjadi isu utama yang membutuhkan pendekatan pendidikan holistik. Filsafat stoikisme, yang lahir pada zaman Yunani-Romawi, menawarkan prinsip-prinsip praktis yang relevan dengan nilai-nilai Islam, seperti sabar, tawakal, dan ikhtiar yang dapat memperkuat ketahanan mental dan spritual individu. Penelitian ini mengkaji integrasi filsafat Stoikisme dalam pendidikan Islam sebagai strategi untuk memperkuat ketahanan psikospiritual generasi millenial. Filsafat Stoikisme menekankan nilai-nilai pengendalian diri, penerimaan takdir, refleksi diri, dan kebijaksanaan yang memiliki kesesuaian dengan ajaran Islam seperti sabar, tawakkal, dan syukur. Melalui metode kajian literatur dair berbagai jurnal dan sumber akademik, ditemukan bahwa integrasi nilai-nilai Stoikisme dapat memperkaya pendidikan Islam dalam membentuk karakter peserta didik yang tangguh secara mental dan spiritual. Implementasi prinsip Stoikisme dalam kurikulum dan pembelajaran pendidikan Islam berpotensi meningkatkan kemampuan generasi millenial dalam menghadapi tekanan hidup, mengelola emosi, dan menguatkan akhlak mulia.
Downloads
References
Hasbi S. & Syahrul. (2022). Konsep Dasar Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an, Al-Hadits, Filosofis, dan Psikologis, Al-Riwayah Jurnal Kependidikan.
IAIN Kudus Repository. (2024). BAB II KAJIAN PUSTAKA.
JPIT. (2024). Integrasi Filsafat Stoikisme dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Peserta Didik di Abad 21
Jumadi M. S. T. (2024). Ketahanan Spiritual Mahasiswa, Jurnal STKIP Bima, Vol 5 (2).
Khabibullabiba, M. (2024). Integrasi Nilai Stoikisme dan Al-Qur’an dalam Mengelola Emosi Negatif di Era Digital. Tesis PTIQ Jakarta
Saefur. (2024). Konsep Dasar Pendidikan Islam: Ta’lim, Tarbiyah, dan Ta’dib, Akhlak Vol.1, No.3.
Malik, M. I., Erihadiana, M., & Muslih, H. (2023). Strategi Implementasi Model Kurikulum Agama dan Kurikulum Dinas pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Mau’izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 308–318. https://doi.org/10.31949/am.v5i2.7252
Marinews Mahkamah Agung. (2025). Relevansi Stoikisme dan Ajaran Rasulullah sebagai Pedoman.
Mastory, B., & Syukur, M. (2025). Analisis Interpretasi Filsafat Stoisisme pada Buku Filosofi Teras Karya Henry Manampiring. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan.
Mastory, B., & Syukur, M. (2025). Filsafat Stoisisme Dapat Melahirkan Perasaan Skeptis pada Hal Baik yang Akan Terjadi. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, Vol. 5 No. 1.
Muslimin, M. A. (2023). Konsep Masa Depan dalam Filsafat Stoikisme. Skripsi UIN Alauddin Makassar.
Novianto, V., & Purti, F. I. (2025). Stoikisme dalam Mengatasi Perilaku Agresif Siswa: Keselarasan dengan Ajaran Islam. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial, 1(1).
Nursobah, A., & Erihadiana, M. (2025). Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Nasional. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21739
Praxis: Journal of FORIKAMI. (2023). Logika dalam Stoik.
Psikologi UMA. (2024). Peran Spiritualitas dalam Membangun Ketahanan Mental di Era Modern.
PTIQ Repository. (2024). Integrasi Nilai Stoikisme dan Al-Qur’an dalam Mengelola Emosi Negatif.
Pundi. (2024). Mencapai Aktualisasi Diri melalui Lingkungan Sekolah, 2024.
Purnomo, S. A. (2024). Integrasi Filsafat Stoikisme dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Peserta Didik di Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia.