INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM NUSANTARA (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Qur’an Safiinatunnaja, Wonosobo)

  • Faizal Arifin Universitas Sains Al-Qur'an
  • Rohani Rohani Universitas Sains Al-Qur'an
  • Ifada Retno Ekaningrum Universitas Sains Al-Qur'an
  • Fatah Syukur Universitas Sains Al-Qur'an

Abstract

Pendidikan merupakan aspek strategis yang berhubungan erat dengan dinamika manusia dan lingkungannya. Pondok pesantren memiliki peran sentral dalam membentuk karakter dan akhlak generasi muda melalui pendekatan keagamaan yang berakar pada budaya lokal. Dalam konteks Indonesia yang majemuk, internalisasi nilai moderasi beragama menjadi kebutuhan penting untuk membangun masyarakat yang toleran, adil, dan damai. Moderasi beragama dimaknai sebagai upaya untuk menyeimbangkan cara pandang dan perilaku umat dalam beragama agar terhindar dari ekstremisme dan intoleransi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji internalisasi nilai moderasi beragama dalam kurikulum Pondok Pesantren Al-Qur'an (PPQ) Safiinatunnaja, Wonosobo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan paradigma fenomenologis. Fokus kajian diarahkan pada sembilan nilai utama moderasi beragama, yakni al-tawassut, al-i'tidal, al-tasamuh, al-syura, al-Islah, al-qudwah, al-muwatanah, al-la 'unf, dan i'tiraf al- 'urf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPQ Safiinatunnaja telah berhasil menginternalisasikan nilai-nilai tersebut dalam pembelajaran, pembinaan karakter, serta hak dan kewajiban santri. Peran pengasuh dan asatiz sangat penting sebagai teladan nilai moderasi. Penelitian ini memberi kontribusi dalam pengembangan kurikulum pesantren yang inklusif, kontekstual, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat multikultural.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adibah, Ida Zahara, Amie Primarni, Noor Aziz, Siti Noor Aini, dan M. Daud Yahya. 2023. “Revitalisasi Pendidikan Islam Pondok Pesantren Sebagai Rumah Moderasi Beragama di Indonesia.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12(1):283–98.
Amri, Khairul. 2021. “Moderasi Beragama Perspektif Agama-agama di Indonesia.” Living Islam: Journal of Islamic Discourses 4(2). doi: 10.14421/lijid.v4i2.2909.
Anas, Muhammad. 2025. “Wawancara.”
Ashof, AHmad Hilmy. 2025. “Wawancara.”
Aziz, Abdul, dan A. Khoirul Anam. 2021. Moderasi Beragama Berlandaskan Nilai-nilai Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Citriadin, Yudin. 2020. Metode Penelitian Kualitatif: Suatu Pendekatan Dasar. Mataram: Sanabil.
Fahmi, Muhammad, Senata Adi Prasetia, Abd. Rouf, Syaifuddin Syaifuddin, Sukron Djazilan, Muhammad Salman Alfarizi, dan Adam Sukron Ma’mun. 2022. “Urgensi Pengarusutamaan Moderasi Beragama melalui Aktualisasi Doktrin Aswaja An-Nahdliyah di Sekolah.” Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars 6(1). doi: 10.36835/ancoms.v6i1.390.
Fiantika, Feny Rita, dkk. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sumatera Barat: Global Eksekutif Teknologi.
Hanum, Amelia Ruwaida. 2025. “Wawancara.”
Ibda, Hamidulloh, dan Aji Sofanudin. 2021. “Program Gerakan Literasi Ma’arif dalam Meningkatkan Moderasi Beragama (Wasatiyyah Islam).” Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan 15(2). doi: 10.38075/tp.v15i2.232.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2024. “https://kbbi.web.id.”
Luthfiyati. 2025. “Wawancara.”
Madjid, Nurcholish. 1997. Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. 1 ed. Jakarta: Paramadina.
Mudrik, Mudrik. 2023. “Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Moderat Siswa di Sekolah: Sebuah Analisis Pedagogi Sosial.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(3). doi: 10.54371/jiip.v6i3.1795.
Nata, Abuddin. 2012. Sejarah Pendidikan Islam: Pada Periode Klasik dan Pertengahan. Jakarta: Rajawali Pers.
Nur Adnan Saputra, Muhammad, Muhammad Nurul Mubin, Ahmad Minhajul Abrori, dan Rika Handayani. 2021. “Deradikalisasi Paham Radikal di Indonesia: Penguatan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Moderasi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6(2). doi: 10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).6109.
Ramayulis. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rendi. 2025. “Wawancara.”
Rohmadi, dan Muarifah Novarini Yupi. 2023. “Konsep Pendidikan Islam Inklusif Perspektif KH. Abdurrahman Wahid.” MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama 3(2). doi: 10.32332/moderatio.v3i2.7532.
Rosidin, dan Iklil Athroz Arfan. 2024. “Ulama Pesantren dan Upaya Penanggulangan Radikalisme di Indonesia.” Jurnal SMaRT 10(2):171–86.
Shidiq, Ngarifin. 2020. Dinamika Pesantren: Pergulatan Demokrasi dan Tradisi. cet. 1. Wonosobo: UNSIQ Press.
Shidiq, Ngarifin. 2025. “Wawancara.”
Shidiq, Ngarifin, dan Muhamad Yusuf Amin Nugroho. 2022. “Revitalisasi Paradigma Pendidikan Islam Inklusif Sebagai Penguatan Moderasi Beragama di Pesantren.” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5(2).
Siroj, KH. Said Agil. 2015. “Mendahulukan Cinta Tanah Air.” dalam Nasionalisme dan Islam Nusantara, disunting oleh Abdullah Ubaid dan Mohammad Bakir. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. cet. 4. Bandung: Alfabeta.
Tafsir, Ahmad. 2001. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yahya, Ahmad. 2025. “Wawancara.”
Yahya, Ahmad, Edi Rohani, dan Anas. 2024. Profil Pondok Pesantren Al-Qur’an (PPA) Safiinatunnaja Kalibeber Wonosobo Tahun Pelajaran 2024/2025. Wonosobo.
Published
2025-07-24
How to Cite
ArifinF., RohaniR., EkaningrumI., & SyukurF. (2025, July 24). INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM NUSANTARA (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Qur’an Safiinatunnaja, Wonosobo). AL-QALAM: JURNAL KEPENDIDIKAN, 26(1), 9-19. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/9945