PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK PADA ANAK USIA DINI DALAM PANDANGAN ISLAM

  • Salis Wahyu Hidayati Universitas Sains Al-Qur'an
  • Vava Imam Agus Faisal Universitas Sains Al-Qur'an
  • Dina Zuhda Syauqia Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords: fisik motorik, anak usia dini, Islam

Abstract

Perkembangan fisik motorik AUD menjadi aspek penting dalam masa golden age yang berperan dalam kesiapan belajar, kesehatan fisik, dan pembentukan karakter. Pandangan Islam memandang tubuh anak sebagai amanah yang harus dijaga dan dikembangkan secara optimal melalui pendekatan yang seimbang antara jasmani dan rohani. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi konsep dan praktik pengembangan fisik motorik anak usia dini dalam perspektif Islam. Penelitian ini merupakan studi pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan bersumber pada literatur keislaman dan hasil-hasil penelitian pendidikan anak usia dini. Hasil kajian menunjukkan bahwa praktik seperti gerakan sholat, permainan bernuansa religi, dan pemenuhan gizi halal memenuhi kontribusi positif yang mendukung perkembangan fisik dan motorik AUD dan penanaman nilai-nilai spiritual sejak dini. Islam memberikan pengajaran prinsip keseimbangan dan tanggung jawab pentingnya pendidikan perkembangan anak. Integrasi nilai Islam dalam pengembangan fisik motorik dapat menjadi dasar dalam menciptakan pembelajaran holistik dan kontesktual di lembaga PAUD berbasis Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

AH, N. M. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) STPPA Tercapai di RA Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong catur Yogyakarta. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education.
Akbar, A. (2015). Olahraga Persepektif Hadis. Uin Syarif Hidayatullah.
Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini.
Arafah, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Lompat Tali Kelompok B1 di Tk Mutiara Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i2.122
Candra, O., Pranoto, N. W., Ropitasari, R., Cahyono, D., Sukmawati, E., & CS, A. (2023). Peran Pendidikan Jasmani dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4506
Dewi, N. K., & Surani, S. (2018). STIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN SENI RUPA. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.26333
Hasanah, U. (2016). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BAGI ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368
Hasibuan, D. A. S., & Watini, S. (2022). Implementasi Bernyanyi ASYIK dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak di Ra Cahaya Dita, Bintan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.874
Idris, I. (2020). Anak Sebagai Amanah Dari Allah. Musawa: Journal for Gender Studies. https://doi.org/10.24239/msw.v11i2.476
Ilyas, R. M. M. (2023). Konsep Pendidikan Karakter Berdasarkan Perspektif Islam Serta Pengadopsian Nilai Dasar Karakter dalam Asmaul Husna. Jurnal Syntax Admiration. https://doi.org/10.46799/jsa.v4i7.734
J. W. Creswell. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc.
J, L. M. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin.
Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055
Monicha, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Sirkuit. Jurnal Cikal Cendikia,PG PAUD Universitas PGRI.
Munawaroh, N., & -, I. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Islam Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan UNIGA.
Nurhadi, R., Lubis, M., & Fanhas Fatwa Khomaeny, E. (2022). PENGARUH GERAKAN SHOLAT DHUHA TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR PADA UNSUR KESEIMBANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Early Childhood: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.1874
Nuryanti, Roni, R., & Ismail, H. (2015). Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Senam Ceria. Cakrawala Dini.
Permatasari, O., Damayanti, A., Sogen, M. D. P., Lukmawati, D., & Tesalonika, S. (2022). PENDIDIKAN KESEHATAN GIZI SEIMBANG SEBAGAI PEDOMAN HIDUP SEHAT PADA ANAK SEKOLAH. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1908
Raeni, Ali, M., & Yuniarni, D. (2016). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Gerakan Shalat di TK sirajuddin. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran UNTAN.
Ramadhan, S., Guswanti, N., Rahayu, E., Zalisman, Z., & Akhyar, Y. (2022). Early Childhood Tahfizh Education: Optimization the Aspects of Children’s Development and Religious Soul of Children in the Golden Age. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.377
Risnawati, A., & Priyantoro, D. E. (2021). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Rohmah, R. M., Yusuf, A., Azizah, R., & Nabiel M, R. (2023). Peran Pendidikan Holistik Bagi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8268
Siregar, J., Damaiwaty, D. R., & Lubis, M. S. (2020). Pengaruh Bermain Lempar Tangkap Bola Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5 – 6 Tahun Di TK Melbourn. Jurnal Usia Dini. https://doi.org/10.24114/jud.v6i1.19159
Surya, C. M., Kuswandi, S., Rahmawati, I., & Nasem, N. (2022). Balanced Menu on Children’s Abilities in Basic Motor Development and Early Childhood Intelligence. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3474
Published
2025-07-24
How to Cite
HidayatiS., FaisalV., & SyauqiaD. (2025, July 24). PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK PADA ANAK USIA DINI DALAM PANDANGAN ISLAM. AL-QALAM: JURNAL KEPENDIDIKAN, 26(1), 1-8. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/9935