EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FIQIH IBADAH HAJI DAN UMRAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui konsep penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih ibadah haji dan umrah siswa kelas VIII SMP N 1 Wonosobo; 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih ibadah haji dan umrah siswa kelas VIII SMP N 1 Wonosobo; 3) untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pelaksanaan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih ibadah haji dan umrah siswa kelas VIII SMP N 1 Wonosobo. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya bersifat Field Resecarh. Sumber data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, data display (penyajian data) dan conclussion/veriviation. Berdasarkan hasil penelitian penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran fiqih ibadah haji dan umrah di kelas VIII SMP N 1 Wonosobo dapat dikatakan efektif hal tersebut dapat dilihat dari respon mereka pada saat pembelajaran sedang berlangsung dan jug a dapat dilihat dari hasil pembelajaran yang diperoleh oleh peserta didik.
Downloads
References
Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Rajawali Pers.
Depdikbud. (2016). Kurikulum 2013: Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Depdiknas. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Permendiknas No. 22 Tahun 2006.
Ramayulis. (2010). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Radar Jaya Offest.
Sadiman, A. S. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Rajawali Pers.
Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning: Teori, riset, dan praktik (Terjemahan). Bandung: Nusa Media.
Sudjana, N. (2006). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukirno. (2016). Teori Pengembangan Kurikulum. Rajawali Pers.