ADAB PESERTA DIDIK KEPADA GURU DALAM SURAT AL-HUJURAT AYAT 1-5
Abstrak
Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi setiap orang karena dengan adanya pendidikan maka akan bertambah pula ilmu dan pengetahuan yang diketahui dan dimiliki serta dipahami. Pendidikan tidak hanya di lembaga formal melainkan dari lembaga nonformal. Dunia pendidikan membutuhkan pendidikan adab, teknologi yang terus maju dan generasi yang silih berganti menciptkan adab dan karakter yang berbeda-beda. Teknologi yang semakin maju jika digunakan pada arah yang baik maka akan bertujuan baik, sedangkan jika digunakan dalam hal buruk maka hal tersebut akan berdampak buruk bagi dirinya atau yang dituju. Teknologi merupakan salah satu unsur dalam dunia pendidikan yakni unsur alat pendidikan. Berdasarkan pemaparan diatas, maka penulis tertarik untuk meneliti adab peserta didik kepada guru dalam surat Al-Hujurat ayat 1-5, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan adab peserta didik kepada guru yang terdapat dalam surat Al-Hujurat ayat 1-5. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan model kepustakaan. Tahapan dalam menganalisis data yakni melakukannya dengan reduksi data, peyajian data, dan menarik kesimpulan.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Al-Sheikh, Abdullah bin Muhammad bin Abdurahman bin Ishaq. (2004). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 7. Pustaka Imam Asy-Syafi’i: Jakarta. Diakses dari https://www.risalahislam.com/2015/07/download-terjemah-tafsir-ibnu-katsir.html
Aziizu, Burhan Yusuf Abdul. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Jurnal Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 147-300. Diunduh dari: https://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/13540. DOI : https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540.
Bp, Abd Rahman et al. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-Unsur Pendidikan. Jurnal Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2(1), 1-8. Diunduh dari https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/download/7757/4690.
Fahimah, Siti. (2014). Etika Komunikasi Dalam Al-Qur’an: Studi Tafsir Surat Al-Hujurat Ayat 1-8. Jurnal Madinah: Jurnal Studi Islam 1(2), 95-108. Diunduh dari : https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/madinah/article/view/153/120. DOI : https://doi.org/10.58518/madinah.v1i2.153.
Hanafi. (2017). Urgensi Pendidikan Adab Dalam Islam. Jurnal Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman 4(1), 59-78. Diunduh dari https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/1200/950.
https://rumaysho.com/634-nikmat-sehat-dan-waktu-luang-yang-membuat-manusia-tertipu.html diakses pada Selasa, 5 Desember 2023 pukul 22.20 WIB
Khasanah, Wikhdatun. (2021). Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Islam. Jurnal Riset Agama 1(2), 296-307. Diunduh dari : https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jra. DOI: 10.15575/jra.v1i2.14568
Pratama, Andy Riski & Charles. (2023). Implikasinya Pendidikan Karakter Peserta Didik Dalam Q.S Al-Hujurat Ayat 1-5 Menurut Tafsir Ibnu Katsir. Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar 3(1), 42-49. Diunduh dari : https://journal.staidk.ac.id/index.php/alifbata/article/download/389/285.
Sari, Leni Elpita et al. (2020). Adab Kepada Guru dan Orang Tua: Studi Pemahaman Siswa Pada Materi Akhlak. Jurnal Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan 6(1), 75-92. Diunduh dari : https://www.jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/edu/article/view/1251/499. DOI : DOI 10.32923/edugama.v6i1.1251.
Sesha, Diana Islami Suryadana et al. (2017). Implikasi Q.S. Al-Hujurat Ayat 1-5 Terhadap Etika Komunikasi Murid Kepada Guru. Prosding Pendidikan Islam 3(2). Diunduh dari : https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/7474/pdf.