IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN VIDEO CRITIC PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA N 1 WONOSOBO
Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran video kritik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMA N 1 Wonosobo dan (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat terjadinya penerapan metode pembelajaran video kritik pada PAI dan Budi. Pekerti untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMA N 1 Wonosobo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran kritik video dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan minat belajar siswa yang ditunjukkan dengan sikap siswa yang memperhatikan pembelajaran ketika video kritik berbasis masalah ditayangkan dan siswa dapat memberikan kritik. dari video. Faktor pendukung penerapan metode kritik video di SMA N 1 Wonosobo adalah guru yang mampu menerapkan metode kritik video, siswa yang aktif selama pembelajaran, fasilitas yang memadai dengan tersedianya LCD sebagai media pembelajaran, dan variasi metode pembelajaran menggunakan Metode kritik video yang diterapkan dapat membuat siswa tidak merasa bosan.
Downloads
References
Aspi, M., Selatan, K., & Selatan, K. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Journal Of Education, 2(1), 64–73.
Dhaniayaini, A. E., & Ma, A. (2020). Video Critic dalam Pembelajaran Aqidah pada Siswa Kelas IX di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(1), 12–20.
Firmansyah, M. imam. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 79–90.
Henita, Mashuri, & Margana. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 5 Semarang. PRISMA, 2, 79–83.
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JGC Journal, 1, 40–48.
Mulyanti, P. F. (2017). Penerapan Metode Video Critics Untuk Meningkatkan Pemahaman Informasi Bahaya Merokok. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 28–41.
Nurrokhman, H., Muslim, A. heru, & Febrianta, Y. (2020). Peningkatan Berpikir Kritis Menggunakan Strategi Pembelajaran Video Critic Berbasis Atong. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(1), 11–20.
Nursalam. (2013). Strategi Pembelajaran Aktif Melalui Video Critic Belajar Pada Bidang Studi Ips Ekonomi ( Studi Kasus Pada SMP Negeri 1 Mangaran ). Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(1).
Nusroh, A., S, N. H., & N, D. L. (2014). Peningkatan Apresiasi Unsur Pembacaan Puisi Dengan Video Critic Melalui Media Audiovisual Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–7.
Ru, S., Masduki, Y., & Latifah, A. (2022). Jurnal Inspirasi Pendidikan The Effectiveness of The Video Critic Method in Multiple Intelligences- Based Learning for Class VIII Students at Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 12(2), 103–112.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.
Siburian, J. (2019). The Correlation Between Critical and Creative Thinking Skills on Cognitive Learning Results. Eurasian Journal of Educational Research, 81, 99–114. 2019.81.6
Ulfa, M. (2018). Terampil memilih dan menggunakan metode pembelajaran. SUHUF, 30(1), 35–56.
Zaman, B. (2020). Penerapan Active Learning Dalam Pembelajaran PAI. Jurnal As-Salam, 4(1), 13–27.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.