INTERNALISASI NILAI-NILAI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI MA NU 05 GEMUH.

  • nurul izzah fatehiyah mahasiswa
  • Abdul Majid Universitas Sains Al-Qur'an
  • Fatiatun Fatiatun Universitas Sains Al-Qur'an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas pentingnya internalisasi nilai-nilai sosial dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif lapangan dengan menggunakan studi kasus yang diperoleh dari gambar, data-data serta argument yang tidak dituangkan dalam bentuk bilangan atau angka statistik. Responden dalam penelitian ini adalah MA NU 05. Artikel ini akan menggambarkan konsep internalisasi nilai-nilai sosial dan mengapa hal ini menjadi penting dalam konteks Pendidikan Agama Islam. Internalisasi nilai-nilai sosial berarti mengadopsi nilai-nilai tersebut menjadi bagian integral dari diri individu, sehingga tercermin dalam tindakan dan perilaku sehari-hari. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam harus mendorong siswa untuk memahami, menerima, dan menginternalisasi nilai-nilai sosial seperti keadilan, kesetaraan, kejujuran, kerjasama, dan toleransi. Artikel ini juga akan membahas strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran untuk memfasilitasi internalisasi nilai-nilai sosial dalam Pendidikan Agama Islam. Melalui internalisasi nilai-nilai sosial dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, diharapkan siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang ajaran Islam dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Internalisasi nilai-nilai sosial juga dapat membantu siswa menjadi individu yang bertanggung jawab, peduli terhadap lingkungan sekitar, dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik dan praktisi Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran yang efektif dan relevan dengan kebutuhan siswa dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai sosial Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Nilai-Nilai Sosial, Internalisasi, Pembelajaran, Karakter Masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alim, Muhammad Abd. 1992. Al-Tarbiyah wa al Tanmiyah.. fi al-Islam. Riyadh : KSA.
Baidi, Bukhori. 2008. Zikir Al Asma’ Al Husna Solusi Atas Problem Agresivitas Remaja. Semarang: Syiar Media Publishing.
E. Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta.
Firmansyah, Mokh iman. 2019. Pendidikan Agama Islam : Pengertian, Tujuan, Dasar, Dan Fungsi, Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 17 No. 2 - 2019.
Fuad Ihsan. 1997. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hardani, 2020. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta : Cv. Pustaka Ilmu.
Hardiyanti, Neneng. Perubahan Nilai-Nilai Sosial Masyarakat Gampong Simpang Peut Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya, Skripsi prodi Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.
Idris, Diwawancara Oleh Peneliti, Kendal, 18 Juni 2022.

Idris, Saifullah. 2017. Internalisasi Nilai Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Darussalam Publishing.
Kun Muhandis Adam, Diwawancara Oleh Peneliti, Kendal, 17 Juni 2022.
Muhaimin. 2007. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Murdiyanto, Eko. 2020. Penelitian Kualitatif Teori Dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal. Yogyakarta : UPN Veteran Yogyakarta Press.
Rahman, Abdul. 2012. Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi Dan Isi Materi. Politeknik Negeri Samarinda. Jurnal Eksis Vol.8 No.1, Mar 2012.
Risdi, Ahmad. 2019. Nilai-Nilai Sosial Tinjauan Dari Sebuah Novel. Lampung : CV. IQRO.
Rochiati, Wiraatmadja. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Soediharto. 2003. Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu . Jakarta: Balai Pustaka.
Suharsini, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sutrisno, Hadi. 1995. Metodologi Research 1. Yogyakarta: Andi Ofset.
Umar, Jusminar. Peranan Nilai Social Dalam Pengembangan Pendidikan Umum. Jurnal Ilmiah Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. T Th.
Umar, Jusminar. Peranan nilai social dalam pengembangan pendidikan umum. Jurnal ilmiah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. t th.
Winarno, Surakhmad. 1992. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode dan Teknik. Bandung: Tarsito.
Yusran. 2016. Metode Dakwah dalam pembinaan Nilai-Nilai Sosial masyarakat Desa Salumaka Kecamatan Mambi Kabupaten Mamasa. Skripsi Prodi Manajemen Dakwah di Universitas Islam Negeri Makassar.
Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. cet 1. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2023-08-15
How to Cite
fatehiyah nurul, MajidA., & FatiatunF. (2023, August 15). INTERNALISASI NILAI-NILAI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI MA NU 05 GEMUH. AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN, 24(1), 51-56. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/al-qalam.v24i1.5052

STATISTICS

Abstract viewed = 512 times
.pdf downloaded = 120 times