PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI HUKUM BACAAN TAJWID MELALUI METODE THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN WHATSAPP
Abstrak
Rendahnya hasil belajar siswa karena guru dalam pembelajaran belum menggunakan metode yang variatif. Metode TTW (Think Talk Write) sebagai solusi pembelajaran yang dimulai dengan berfikir (Think), hasil berfikir dikomunikasikan dengan presentasi, diskusi (Talk) dan membuat laporan hasil presentasi (Write). Tujuan penelitian untuk mengetahui metode TTW berbantuan Whatsapp dalam meningkatkan hasil belajar PAI materi hukum bacaan tajwid dan seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1 Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif berdasarkan nilai pre test dan post test siswa. Metode pengumpulan data menggunakan essay 20 soal melalui WhatsApp. Teknik analisis menggunakan uji N Gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI materi hukum bacaan tajwid. Hasil analisis nilai pre-test dan post-test, persentase ketuntasan siswa pada kompetensi pengetahuan dengan pembelajaran metode TTW berbantuan WhatsApp menunjukkan peningkatan. Sebanyak 13 siswa tidak tuntas pada hasil pre test dengan rata-rata sebesar 67 dan ketuntasan 57 %, artinya ada 17 siswa yang dapat mencapai ketuntasan pada materi tajwid. Sedangkan pada post-test terjadi peningkatan ketuntasan nilai, ada 23 siswa tuntas dan rata-rata skor post-test siswa sebesar 76. Persentase ketuntasan siswa pada post-test sebesar 77 %. Hasil analisis N Gain mengalami peningkatan sebesar 83%, dengan skor N-Gain sebesar 0,39 kategori sedang.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Anita Nuraini Dyah Widayanti, Herlina Fitrihidajati dan An Nuril Maulida Fauzia (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Pada Siswa Kelas VII https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/viewFile/15834/14366
Bastul Birri, Maftuh, (2014). Tajwid Jazariyyah (Standar Bacaan Al Qur’an Kediri; Madrasah Murottilil Qur’anil Karim
Eka Susilowati .(2020). Bagaimana Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19 melalui Grup WhatsApp https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/12896
Irvan Erik Istrada (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write(TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Agung https://repository.radenintan.ac.id/4740/1/Skripsi%20Full.pdf
Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT).
Yuli Kusmiyati (2015). Meningkatkan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe think talk write (ttw) pada siswa kelas IV Mi Al Ishlahat Jatiuwung Kota Tangerang https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29733 diakses pada 18 Januari 2016
Kemenag. (2020). WhatsApp Menjadi Tren Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi https://jateng.kemenag.go.id/warta/artikel/detail/whatsapp-menjadi-tren-alternatif-media-pembelajaran-jarak-jauh-di-masa-pandemi diakses pada 20 Juli 2020