IMPLEMENTASI PROGRAM BUDAYA 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MIC KARANGKEMIRI KECAMATAN WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA

IMPLEMENTASI PROGRAM BUDAYA 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MIC KARANGKEMIRI KECAMATAN WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA

  • Puput FItrianingsih Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
Budaya 5S, Karakter Religius

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan, strategi, faktor pendukung dan penghambat implementasi program budaya 5S sebagai upaya pembentukan karakter religius siswa, Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Peneliti memperoleh data dari sumber data seperti kepala madrasah, beberapa guru, dan beberapa siswa kelas atas di MIC Karangkemiri, Wanadadi, Banjarnegara. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi partisipasif, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) sebagai upaya pembentukan karakter religius siswa di MIC Karangkemiri, dapat direalisasikan pertama, dengan menginternalisasi nilai, tanamkan dalam diri siswa, dengan senyum, salam, sapa, sopan, dan santun terhadap sesama adalah sebagai dasar dan modal dalam membentuk akhlak. Kedua, menerapkan program budaya 5S sebagai upaya pembentukan karakter religius siswa yang dilaksanakan melalui 3 bentuk kegiatan yaitu kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan pengkondisian. Adapun strategi yang digunakan dalam implementasi program budaya 5S adalah Keteladanan, Pembudayaan, Dukungan/Motivasi, Imbalan/Reward dan Hukuman/Tazir. Untuk mengatasi berbagai faktor penghambat seperti masih rendahnya kesadaran siswa, sulitnya mengondisikan mereka dengan disamaratakan atas pelaksanaan penerapan program 5S, dan kurangnya dukungan antar teman dapat diawali dengan para guru selalu meneladankan program 5S dan terus mendekati anak yang belum mau melaksanakan program tersebut serta upaya dari pihak madrasah untuk mengkomunikasikan dengan wali siswa terkait perkembangan pribadi anak di rumah .
Kata Kunci: Karakter Religius, Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)

Abstract
This research aims toknowing about strategies, supporting factors and inhibiting the implementation of the 5S cultural program as an effort to form students' religious character. This research is a type offield research, with descriptive qualitative research methods. Researchers obtained data from data sources such as the head of the madrasa, several teachers, and some high-class students at MIC Karangkemiri Wanadadi Banjarnegara. The data collection techniques used in the form of participatory observation, interviews, and documentation. The results showed that the implementation of the 5S culture program (smile, greeting, greeting, politeness, courtesy) as an effort to build the religious character of students at MIC Karangkemiri, could be realized first, by internalizing values, instilling in students, with a smile, greeting, greeting, politeness and being polite to others are the basis and capital in forming morals. Second, implementing the 5S cultural program as an effort to form students' religious character which is carried out through 3 forms of activity, namely routine activities, spontaneous activities, and conditioning. The strategies used in the implementation of the 5S cultural program are exemplary, civilizing, support/motivation, rewards/reward and punishment/tazir. To overcome various inhibiting factors such as the low awareness of students, the difficulty of conditioning them to be generalized to the implementation of the 5S program, and the lack of support among friends, it can be started with the teachers always emulating the 5S program and continuing to approach children who do not want to implement the program as well as efforts from other parties Madrasas to communicate with students' guardians, invite collaboration so that students always implement the program at home.
Keywords: Religious Character, 5S Culture (Smile, Greeting, Greet, Polite, Polite)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineke Cipta.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.
Kurniawan, Asep. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2014. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, Tri Ayu. “Peningkatan Karakter Religius Siswa Melalui Penerapan Budaya Sekolah.” Skripsi Sarjana, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ponorogo, 2018.
Published
2023-07-10
How to Cite
FItrianingsihP. (2023, July 10). IMPLEMENTASI PROGRAM BUDAYA 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MIC KARANGKEMIRI KECAMATAN WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA. AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN, 24(1), 10-13. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/al-qalam.v24i1.2751

STATISTICS

Abstract viewed = 212 times