PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MATA PELAJARAN IPA
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui keaktifan siswa melalui strategi pembelajaran Flipped Classroom pada pembelajaran IPA kelas V di MI Ma’arif Nu Klesman, 2) adakah peningkatan keaktifan siswa setelah penerapan strategi pembelajaran flipped classroom. 3) seberapa besar peningkatan keaktifan siswa akibat penggunaan strategi Flipped Classroom pada pembelajaran IPA kelas V di MI Ma’arif Nu Klesman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keaktifan siswa pretest sebesar 14,2 sedangkan nilai rata-rata keaktifan siswa postest sebesar 15,9 dengan demikian mengalamai kenaikan yang sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dengan uji hipotesis diperoleh hasil z tabel=1,96 dan nilai z hitung =3,01. Dengan taraf signifikan 5% karena z hitung > z tabel. Serta adanya peningkatan pada hasil uji gain dengan kategori sedang sebesar 0,35. Disimpulkan bahwa pemahaman peserta didik membuktikan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Flipped Classroom dapat meningkatkan keaktifan siswa pada materi organ gerak pada hewan dan manusia.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui keaktifan siswa melalui strategi pembelajaran Flipped Classroom pada pembelajaran IPA kelas V di MI Ma’arif Nu Klesman, 2) adakah peningkatan keaktifan siswa setelah penerapan strategi pembelajaran flipped classroom. 3) seberapa besar peningkatan keaktifan siswa akibat penggunaan strategi Flipped Classroom pada pembelajaran IPA kelas V di MI Ma’arif Nu Klesman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keaktifan siswa pretest sebesar 14,2 sedangkan nilai rata-rata keaktifan siswa postest sebesar 15,9 dengan demikian mengalamai kenaikan yang sangat baik. Hal tersebut dibuktikan dengan uji hipotesis diperoleh hasil z tabel= dan nilai z hitung =. Dengan taraf signifikan 5% karena z hitung > z tabel. Serta adanya peningkatan pada hasil uji gain dengan kategori sedang sebesar 0,35. Disimpulkan bahwa pemahaman peserta didik membuktikan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Flipped Classroom dapat meningkatkan keaktifan siswa pada materi organ gerak pada hewan dan manusia.
Downloads
References
Kukuh Fatmalasari Utami, 2017,Peningkatan Motivasi Belajar PAI Melalui model pembelajaran cooperative learning tipe make a match pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Leksono” Universitas Sains Al-Quran Wonosobo.
Nik Haryanti MPd.I, 2014,Ilmu pendidikan isalam,(malang,gunung samudera,).
Chomaidi dan Salamah, 2018,Pendidikan Dan Pengajaran, (Jakarta:PT grasindo).
Dr. Uci Sanusi, M.Pd. Dr. Rudi Ahmad Suryadi, M.Ag. ,2018, ilmu pendidikan islam, (yogyakarta, deepublish).
Didi panda, , 2018, Kinerja Guru, (Sukabumi : CV Jejak).
Abd. Rahman Assegaf, 2017,Pendidikan Islam Integratif,(Yogyakarta,pustaka pelajar).
Muhammad Anwar, 2015, filsafat pendidikan,(jakarta,kencana).
H.Darmadi, S.Ag., M.M., MM.Pd., M.Si. ,2017, pengembangan model
dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa,(yogyakarta,deepublish).
Hendri Purbo Waseso, 2016 , Perencanaa Sistem Pembeljaran:Berbasis Pencapaian Kompetensi,(Wonosobo:Diandra Pustaka Indonesia).
Meity H. Idris, 2014, Strategi Pembelajaran Yang Menyenangkan,( Jakarta:PT Luxima Metro Media).
Muhammad Yaumi, 2017, Prinsi-Prinsip Desain Pembelajaran:Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013, (Jakarta : Kencana).
Indah utari akip,2019, efektifitas model pembelajaran flipped classroom dilengkapi dengan mindmap terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik,UIN,Lampung.
Albert Efendi pohan, S.Pd,. M.Pd, 2020 ,konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah, (grobogan, CV Sarnu Untung).
Henru Aditya Rigianti,2020,kendala pembelajaran Daring guru sekolah dasar di kabupaten Banjarnegara,jurnal pendidikan dan pembelajaran, Volume 7 no 2 juli 2020(Universitas PGRI ,Yogyakarta indonesia.
Apriliana Triastuti,2009, efektifitas strategi genius learning dalam upaya meningkatkan kekatifan belajar matematika siswa kelas VII SMP Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010”,(Skripsi Sarjana,FKIP,2010).
Endang Sri Wahyuningsih,2020,Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar siswa, Jogjakarta,Deepublish.
siti mutmainah,2014, efektivitas model pembelajaran giving question and getting answer terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas vii materi pokok statistika ,jepara.
Prof.Dr.H.Nata,Ma,prespektif tentang strategi pembelajaran, (prenada media).
Sutardi,S.si,M.Sc, 2016, solusi mahir kimia:strategi pembelajaran dalan implementasi kurikulum,(deepublish,).
Prof.DR.H.Abuddin Nata, Ma,perspektif islam tentang strestel pembelajaran, (prenada media).
Akhmad Sudrajat,online (http://smacepiring.wordpress.com),2008.academia.edu.
Suriami,2011,efektifitas metode mengajar guru pendidikan agama islam terhadap keaktifan belajar siswa kelas X jurusan Sekretaris SMK Negeri Makassar,UIN,Makassar.
Herry Novis Damayanti dan Sutama, 2016, Efektivitas Flipped Classroom terhadap sikap dan ketrampilan belajar matematika di SMK, (jurnal managemen pendidikan –vol. 11, No. 2) :2-8 .
Rahmi Ramadhani, 2020, Desain Pembelajaran Matematika Berbasis TIK: Konsep dan Penerapan, yayasan kita menulis.
Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, (Cet, VII; Bandung: Alfabeta).
Nana Syaodih Sukmadinata, 2012, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya