EFEKTIVITAS METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI BUKU AJAR YANBU’A DI PONDOK PESANTREN ROUDHOTUL QUR’AN WANGON BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2021/2022
Metode Sorogan, kemampuan membaca dan memahami, Buku ajar yanbu’a
Abstract
Di era Globalisasi saat ini terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan pada lembaga formal maupun non formal dalam kaitanya pelajaran membaca Al-Qur’an. Berdasarkan permasalahan tersebut mulai dikembangkan metode-metode pembelajaran Al-Qur’an yang praktis khususnya dalam pelajaran membaca dan memahami, dan dengan metode tersebut mampu menjawab semua permasalahan yang sedang berkembang saat ini, yaitu metode Qiro’ati, metode tilawah, metode tartil, metode yanbu’a dan masih banyak metode praktis lainnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui konsep metode sorogan dalam pembelajaran Al-Qur’an, (2) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran melalui metode sorogan dalam memahami bukuajar yanbu’a, (3) untuk mengetahui efektifitas metode sorogan dalam memahami bukuajar yanbu’a. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitataif lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi, dilanjutkan analisis data reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa konsep metode sorogan dalam pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an bisa dikatan efektif, dalam hal ini seorang santri akan bisa meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.
Downloads
References
Abror, Darul, 2020, Kurikulum Pesantren Model Integrasi Pembelajaran Salaf dan Khalaf, Yogyakarta: Grup Penerbit CV BUDI UTAMA.
Ach. Syukron, 2021, Observasi dan wawancara oleh penulis, Banjarnegara: Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an
Anggraeni, Sri Wulan dan Yayan Alpian, 2020, Membaca Permulaan dengan Teams Games Tournament (TGT), Jawa Timur: CV Penerbit Kiara Media.
Anggrayani, Lysa dan Yusliati, 2018, Efektifits Reabilitas Pencandu Narkoba Serta Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kejahatan di Indonesia, Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Arif, Armai, 2002, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.
Arif, Barda Nawawi,2003, Kapita Slekta Hukum Pidana, Bandung: Citra Aditya Bakti.
Arwani, M. Ulin Nuha, 2009, Thariqh Baca Tulis dan Menghafal Al-Qur’an Yanbu’a Bimbingan Cara Mengajar, Kudus: Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an.
Atiqurrahman, 2021, Observasi dan wawancara oleh penulis, Banjarnegara: Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an
Azizah, Habibah, 2014, Penerapan Metode Sorogan dalam Memahami Kitab Kuning di Kelas Shorof Pondok Pesantren Al-Luqmaniyah Yogyakarta, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Basri, Hasan, 2012, Kapita Slekta Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia.
Dimyati, Johni, 2013, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Anak Usia Dini (PAUD), Jakarta: Kencana Prenada Grup.
Effendi Muhammad yusuf, 2021, Observasi dan wawancara oleh penulis, Banjarnegara: Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an
Gaspers, Vincent, 1996, Ekonomi Manajeral, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hakim, Ayatullah Baqir Hakim, 2006, Ulumul Qur’an, Jakart: Al-Huda.
Hasbullah, 1996, Kapita Slekta Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Herawati, Netti dan Bachtiar S. Bachir, 2018, Prosiding Seminar Nasional Memaksimalkan Peran Pendidik dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Sebagai Wujud Infestasi Bangsa, Tuban: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Humaedi, M. Alie dkk, 2016, Etnografi Bencana Menakar Peran Para Pemimpin Lokal dalam Pengurangan Resiko Bencana, Yogyakarta: LKIS Yogyakarta.
Indrayani Lia, 2016, Pengaruh Penerapan Metode Yanbu’a Terhadap Keterampilan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas X SMK Ma’arif 1 Wates Tahun Ajaran 2015/2016, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Khusni, 2021, Observasi dan wawancara oleh penulis, Banjarnegara: Pondok pesantren Roudhotul Qur’an
Mahmud, 2011, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia.
Mustofa, M. Ali, 2008, Efektifita Metode Baca Al-Qur’an Yanbu’a Siswa Jilid VII, Kudus: Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
Nafi’, M. Dian, Praktis Pembelajaran Pesantren, Yogyakarta: Institut For Training anf Development.
Nisrina Naja, 2021, Observasi dan wawancara oleh penulis, Banjarnegara: Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an
Purwadaminta, W.J.S, 1991, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Purwanto, Ngalim, 1984, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Qomar, Mujamil, Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratis Institusi, Jakarta: Erlangga.
Rahmat, 2013, Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum, Yogyakarta: Bening Pustaka.
Rif’aturrofiqoh, Gustin,2018, Pengaruh Penggunaan Metode Yanbu’a Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hdits Kelas IV MIN 7 Bandar Lampung, Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Intan Lampung.
Rozalina, 2018, Penerapan Metode Yanbu’a pada Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di MTs Al-Hidayah Purwasaba Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara, Purwokerto: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto.
Samiudin, 2016, Peran Metode untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran, Jurnal Studi Islam 11, no 2
Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: ALFABETA.
Syarifudin, Ahmad, 2004, Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an, Jakarta: Gema Insani.
Tringan, Irvan Jasa, 2012, Peran Badan Narkotika Nasional dengan Organisasi Sosial Kemasyarakatan dalam Penanganan Pelaku Penyalahgunaan Narkotika, Yogyakarta: Grup Penerbit CV Budi Utama.
Wildan, Moh dan A. Aziz Alimul Hidayat, 2008, Dokumentasi Kebidanan, Jakarta: Salemba Medika.
zuhri, 2016, Convergentive Design Kurikulum Pendidikan Pesantren (Konsepsi dan Aplikasinya), Yogyakarta: Grup Penerbit CV Budi Utama.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.