IMPLEMENTASI MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PAI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 2 WANADADI TAHUN AJARAN 2021/2022
Model Inquiry Learning, Prestasi Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; 1. Mengetahui implementasi model inquiry learning kelas VIII di SMP N 2 Wanadadi; 2. Mengetahui prestasi belajar kelas VIII di SMP N 2 Wanadadi; 3. Mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik setelah menggunakan model inquiry learning pada mata pelajaran PAI kelas VIII E di SMP N 2 Wanadadi; 4. Mengetahui perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model inquiry learning dibanding dengan model konvensional pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 2 Wanadadi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent control group pretest postest design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes (pretest dan posstest bentuk pilihan ganda). Hasil penelitian menunjukkan pada pembelajaran PAI peserta didik yang menggunakan model inquiry learning pada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini berdasarkan hasil hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji gain untuk kelas eksperimen diperoleh hasil sebesar 0,631. Terdapat pengaruh pengguaan model inquiry learning, hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji-t thitung >ttabel baik pada taraf signifikansi 5% yaitu 3,05 > 1,99 dan pada taraf signifikansi 1% yaitu 3,05 > 2,65.
Downloads
References
Daulay, Haidar Putra. 2016. Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2018. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hasbullah. 2015. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Hidayanto, Nugroho Dwi dkk. 2020. Pengantar Ilmu Pendidikan: Teoritis Sistematis untuk Guru dan Calon Guru. Depok: Rajawali.
Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa. 2014. Manajemen Kelas (Classroom Management) Guru Profesional yang Inspiratif,Kreatif,Menyenangkan, dan Berprestasi). Bandung: Alfabeta.
Marbun, Stefanus M. 2018. Psikologi Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Rahmat. 2019. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013. Yogyakarta: Bening Pustaka.
Saryono dan Mekar Dwi Anggraeni. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika
Sidiq, Ricu dkk. 2019. Strategi Belajar Mengajar Sejarah: Menjadi Guru Sukses. Yayasan Kita Menulis.
Sinar. 2018. Metode Active Learning. Yogyakarta: Deepublish.
Suryabrata, Sumadi. 1998. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Syafril dan Zen Zelhendri. 2017. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.
Syarifuddin K. 2018. Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Yogyakarta: Deepublish.
Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.