ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK SMP KELAS VIII BELAJAR IPA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SELOPAMPANG KECAMATAN SELOPAMPANG KABUPATEN TEMANGGUNG

  • Muhammad Syukron Universitas Sains Al-Qur'an
  • Sri Jumini Universitas Sains Al-Qur'an
  • Firdaus Firdaus Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
Peran Orang Tua, Pandemi Covid 19

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemi covid-19 di desa Selopampang Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung dan untuk mengetahui hasil belajar untuk mata pelajaran IPA anak selama pandemi covid-19 di desa Selopampang Kecamatan Selopampang Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan metode studi pustaka. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan klarifikasi atau kesimpulan data. Hasil analisis dalam penelitian ini adalah tidak ada pengaruh peran orang tua dalam mendampingi anak belajar terhadap hasil belajar anak SMP kelas VIII di Desa Selopampang. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan data dengan menggunkan rumus Chi Kuadrat yang diperoleh hasil X hitung sebesar 7,276, yang kemudian setelah dikonsultasikan dengan X tabel dengan db=9 baik pada taraf signifikan 5% (16,919) maupun pada taraf signifikan 1% (21,666) ternyata nilai X hitung lebih kecil dari X tabelnya. Sehingga pada penelitian ini hipotesis alternative (Ha) ditolak dan Ho diterima namun dengan tingkat hubungan rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, A Rosmiaty, 2019, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Sibuku.
Aziz, Rosmiaty, 2019, Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Sibuku.
Darmadi, Hamid, 2011, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alvabeta.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2008, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Drajat Zakiah. Peranan Agama dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung, 1973.
Hayati, Sri, 2017, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperatif Learning, Magelang: Graha Cendekia.
Hidayat, Rahmat, 2016, Ilmu Pendidikan Islam Menuntun arah Pendidikan Islam Indonesia, Medan: LPPPI.
Hidayat, Rahmat, 2019, Ilmu Pendidikan, Medan: LPPPI.
Iskandar, 2010, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif), Jakarta: GP Press.
Mardalis, 2006, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta : PT Bumi Aksara.
Margono, 2014, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Nasehudin, Toto Syatori, Nanang Gozali, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung : Pustaka Setia.
Prasetyo, Ketut, 2018, Pendidikan Lingkungan Indonesia dasar Pedagogi dan Metodologi,Bandung: Remaja Rosda Karya.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemnt Pendidikan dan kebudayaan. 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa.
Sardiman A.M., 2014, Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto, 2003, Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alvabeta.
Sugiyono, 2016, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.
Sukardi, 2007, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suranto, 2015, Teori Belajar Pembelajaran Kontemporer, Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Suyono dan Hariyanto, Belajar Dan Pembelajarannya: Teori dan Konsep Dasar/
Thobroni, Muhammad Dan Arif Mustofa, 2013, Belajar Dan Pembelajarannya: Pengembangan Wacana Dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional, Depok, Sleman, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ulfatmi, 2011, Keluarga Sakinah dalam Prespektif Islam, Jakarta: Kementrian Agama RI.
Yuberti, Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan, Bandar Lampung: AURA, 2013.
Bramasta, Dandy Bayu, "Update Corona di Dunia 27 Januari: 100 Juta Kasus | WHO Rilis Pedoman Klinis Terbaru untuk Rawat Pasien Covid-19", Kompas, 27 Januari 2021
Iftitah, Selfi Lailiyatul dan Mardiyana Faridhatul Anawaty, “Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak di Rumah selama Pandemi Covid-19 ”, JCE (Journal of Childhood Education) Vol.4, no.2 (2020): hal.80
Irawati Sri Wardhani, “Peranan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar, (Skripsi Sarjana, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung, 2020), hal. 9.
Kurniatai, Euis, dkk, “Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol.5, no.1 (2020): hal.253.
Laila Kanti Safitri, “Peran Orangtua dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Pada Pembelajaran Online di SD Negeri 5 Metro Pusat”, (Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, 2020), hal. 6.
Novrinda, dkk, ”Peran Orang tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini ditinjau dari latar belakang Pendidikan”, Jurnal Potensia, Vol.2, no.1 (2017):
Sukarno, 2009, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI IPA SMA N 3 Semarang” IAIN Walisongo.
Syahruddin, “Penggunaan Model Penerimaan Teknologi yang di Perluas untuk memahami Penggunaan e-learning oleh siswa selama Covid-19”, Jurnal Heliyon, jilid 6, (2020).
Wahyu, Harpani Matnuh, Dan Diah Triani, “Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran,” Jurnal Pendidikan 4, No. 7 (2014.
Handayani, Tri, 2020, “Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Pada Pembelajaran Daring di Desa Ngrapah Kecamatan Banyubiru Tahun Pelajaran 2019/2020”, Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), 24 Maret 2020.
Sri Harnani, “Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19”, 29 April 2021, https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektifitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19.
Sukarno, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI IPA SMA N 3 Semarang” (IAIN Walisongo, 2009)
Undang-undang no 39 tahun 1999 tentang hak azazi manusia
Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Peserta didik
Published
2022-01-04
How to Cite
SyukronM., JuminiS., & FirdausF. (2022, January 4). ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK SMP KELAS VIII BELAJAR IPA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SELOPAMPANG KECAMATAN SELOPAMPANG KABUPATEN TEMANGGUNG. AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN, 22(1), 11-22. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/al-qalam.v22i1.2350

STATISTICS

Abstract viewed = 169 times
PDF downloaded = 95 times