PENGARUH KONSEP DIRI DALAM KESIAPAN MEMILIH PROGRAM STUDI DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Muhammad Saefullah Universitas Sains Al-Qur'an
  • Irfa Khaula Rosyida SMA N 2 WONOSOBO
  • Siti Lailiyah Universitas Sains Al-Qur'an

DOI:

https://doi.org/10.32699/al-qalam.v22i1.2349

Keywords:

konsep diri, program studi, perguruan tinggi

Abstract

Kesiapan Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi adalah keadaan seseorang untuk mengetahui akan bakat, minat dan potensi dalam dirinya dengan mudah, sehingga ia mampu untuk menentukan program studi apa yang akan ia pilih di Perguruan Tinggi sehingga ia mampu memperoleh gelar sarjana sesuai bakat, minat dan kemampuannya demi tercapainya cita-citanya. Hal ini menunjukkan apabila siswa sangat penting mempunyai pemahaman tentang bakat, minat dan potensi dalam dirinya hal ini menjadi erat kaitannya dengan konsep diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap kesiapan peserta didik dalam memilih program studi di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri memiliki peran yang sangat besar dalam memilih program studi untuk peserta didik yang akan memasuki pendidikan di tingkat perguruan tinggi.

References

Dayakisni & Hudaniyah, Psikologi Sosial edisi revisi, Malang:UMM Press, 2003.
Dariyo, Agoes, Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama (psikologi Atitama) Refika Aditama, Bandung, 2007.
Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.2011
Hurlock. B, “psikologi Perkembangan Anak Jilid 2, Erlangga, Jakarta, 2005.
Mulyana, Dedy, Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2001.
Rahmat.J, psikologi Komunikasi, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2007.
Sarwono, S. Psikologi Remaja. Jakarta: RajaGrafindo Persada. 2011.

Downloads

Published

2022-01-04

How to Cite

PENGARUH KONSEP DIRI DALAM KESIAPAN MEMILIH PROGRAM STUDI DI PERGURUAN TINGGI. (2022). AL-QALAM: JURNAL KEPENDIDIKAN, 22(1), 1-10. https://doi.org/10.32699/al-qalam.v22i1.2349